Rabu, 22 Juni 2011

MEMAHAMI RAHASIA AL-QURAN

Dalam AI-Quran Ada Tanzil dan Takwil



Kata-kata 'ta'wil' (takwil) Al-Quran' digunakan dalam tiga ayat Al-Quran:







"Adapun orang-orang yang di dalam hati mereka ada kecenderungan kepada kesesatan, mereka mengikuti ayat-ayat mutasyabih Al-Quran, untuk menimbulkan fitnah dan mencari takwilnya. Padahal tidak ada yang mengetahui takwilnya kecuali Allah." (QS 3:7)







"Kami telah mendatangkan sebuah kitab kepada mereka, yang Kami jelaskan dengan pengetahuan, sebagai petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman. Tiadalah mereka itu menunnggu kecuali takwilnya. Pada hari datangnya takwil itu, orang-orang yang telah melupakannya sebelumnya itu berkata: 'Rasul-rasul yang diutus Tuhan kami telah datang dengan membawa kebenaran'. " (QS 7:52-53)







"Bahkan mereka mendustakan apa yang sepenuhnya tidak mereka ketahui, padahal takwilnya belum sampai kepada mereka. Demikianlah, orang-orang sebelum mereka telah mendustakan kebenaran. Maka perhatikanlah bagaimana akibat orang-orang yang zalim. " (QS 10:39)



Kata ta'wil berasal dari kata al-awwal yang berarti kembali. Yang dimaksud dengan ta'wil adalah sesuatu yang menjadi rujukan ayat. Sedangkan tanzil adalah makna yang jelas dari suatu ayat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar